Saturday, September 26, 2020

Rangkuman Webinar Transformasi Digital UMKM Melalui Implementasi ERP (ODOO)

Menurut Ram & Corkindale, Enterprise Resource Planning (ERP) adalah software lintas fungsi terpadu yang merekayasa ulang proses manufaktur, distribusi, keuangan, sumber daya manusia, dan proses bisnis dasar lainnya dari suatu perusahaan untuk memperbaiki efisiensi, kelincahan, dan profitibilitasnya.

ERP dibutuhkan di UMKM Indonesia karena dinilai dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan umum, seperti terbatasnya jangkauan akses informasi, pengelolaan usaha yang masih tradisional, kurangnya kemampuan pemasaran, dan lain-lain.

ERP termasuk ke dalam gelombang ke-3 di Open Source Software (OSS). ODOO/OpenERP adalah OSS ERP yang sangat lengkap. ODOO menggunakan server aplikasi dan menggunakan PostgreSQL sebagai database back-end, dengan klien berbasis web. ODOO ditulis dengan bahasa pemrograman Python.

Dampak positif yang didapatkan setelah memakai ODOO di mitra, yaitu mendata mitra dapat lebih cepat, tepat dalam menghitung komisi mitra, bias untuk membuat laporan pajak dan laporan keuangan.   


Share:

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

UAS ERP System

  Nama: Nisrina Nur Hidayati NPM: 441210068 Berikut di bawah ini tertera link youtube video tutorial VPS Domain Digital Ocean untuk Odoo 12:...

Recent Posts

Pages